Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah


Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/bksdasul/public_html/xsetup/koneksi.php on line 8
Slide Taman Wisata Alam Wera
Slide Habitat Maleo di Desa Taima
Slide
Slide Danau Poso
Slide


LOMBA LINTAS ALAM

07 Juli 2014

LOMBA LINTAS ALAM WANABAKTI III TAHUN 2014

 

Balai KSDA Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pramuka Saka Wanabakti Kota Palu, Pramuka Saka Wanabakti Kabupaten Poso, Pramuka Saka Wanabakti Kabupaten Morowali Utara, Kelompok Pencinta Alam Wanabakti Eucalyptus, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Koorda Sulawesi Tengah, dan pemuda-pemuda Desa Bancea menggelar kegiatan Lomba Lintas Alam Wanabakti III Tahun 2014 dengan tema “Meningkatkan Jiwa Konservasi untuk Menciptkan Kelestarian Taman Wisata Alam. Maksud dan tujuan kegiatan Lomba Lintas Alam Wanabakti III Tahun 2014 antara lain:

  1. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-dunia tanggal 5 Juni 2014.
  2. Peningkatan dan pengembangan kemampuan fisik, mental, dan sumber daya manusia di kalangan generasi muda pada umumnya.
  3. Membangun jiwa sportivitas dan mempererat tali persaudaraan dianatara para peserta.
  4. Mengembangankan spirit organisasi generasi muda dalam penerapan skill individual.

Sasaran kegiatan ini adalah Kelompok Pencinta Alam (KPA), pelajar baik Pramuka Sakawanabakti, OSIS, PMR, Sispala (Siswa Pencinta Alam), organisasi kepemudaan dan partisipan. Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 48 (empat puluh delapan) tim dan setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang dengan didampingi 11 (sebelas) orang official. Peserta lomba berasal dari kabupaten/ kota Se-Sulawesi Tengah (Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Morowali Utara), selain itu dari provinsi lain pun banyak yang ikut berpartisipasi antara lain Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Provinsi Sulawesi Selatan. Dibuka juga untuk kategori putri dan diikuti sebanyak 3 (tiga) tim putri yang berasal dari Kota Palu, Kabupaten Poso, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Output dari kegiatan ini antara lain:

  1. Dapat mempromosikan arti penting kelestarian Taman Wisata Alam Bancea sebagai bagian dari kekayaan alam Indonesia.
  2. Dapat memotivasi masyarakat agar menyukai kegiatan alam bebas sebagai wujud kebanggaan bertanah air Indonesia.
  3. Dapat menunjukkan kepada public tentang kepedulian bangsa Indonesia terhadap penyelamatan bumi dari kerusakan alam melalui momentum peringatan Haru Lingkungan Hidup Se-dunia tanggal 5 Juni 2014.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu tanggal 5 sampai 8 Juni 2014 bertempat di Taman Wisata Alam Bancea, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun rangkaian kegiatan Lomba Lintas Alam Wanabakti III Tahun 2014 antara lain: persiapan (pembentukan panitian, survey lapangan, dan publikasi lomba) dan pelaksanaan lomba (registrasi, technical meeting, pelepasan peserta dari Balai KSDA Sulawesi Tengah Palu ke TWA Bancea Poso, pembukaan, lomba dan penilaian, pengumuman pemenang, dan penutupan).

 

Para peserta sebelum berangkat dikumpulkan di Balai KSDA Sulawesi Tengah, Palu (kecuali peserta yang lebih dekat ke TWA Bancea langsung berkumpul di lokasi) pada tanggal 3 Juni 2014 baru dilepas oleh Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah, Bapak Ir. Syihabuddin dari Palu menuju TWA Bancea Kabupaten Poso. Pembukaan acara dan pelepasan peserta lomba di TWA Bancera dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2014. Acara lomba dibuka oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Poso, Bapak John Fitlan Lauende dan pelepasan peserta lomba oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Poso, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Poso, Kepala Polisi Resort Kecamatan Pamona Selatan, Camat Pamona Selatan, Kepala Desa Bancea, Kepala Resort V Bancea, dan para tamu undangan lainnya.

 

Pelaksanaan lomba berlangsung selama 4 (empat) hari mulai start tanggal 5 Juni 2014 di TWA Bancea dengan melewati 3 (tiga) etape dan finish tanggal 7 Juni 2014 di Desa Bancea serta pengumuman pemenang dan penutupan tanggal 8 Juni 2014  di TWA Bancea. Adapun para pemenang Lomba Lintas Alam Wanabakti III Tahun 2014, yaitu:

Kategori Putra:

Juara I            : KPAB Li’vana Indonesia

Juara II           : LPPA Towio Sulawesi Tengah

Juara III          : PTM Sinjai (A)

Harapan I        : PTM Sinjai (B)

Harapan II       : Mapala STAIN Gorontalo

Harapan III      : KPA Watungguni

 

Kategori Putri:

Juara I             : KPA Alaska Tentena

Juara II            : Menwa Umi Makassar

Juara III           : LPPA Towio Sulawesi Tengah

 

 

Untuk Kategori Cross Country Putri Total Bonus Rp. 15.000.000,-

  1. Juara I: Piala Bergilir Balai KSDA Sulawesi Tengah + Piala Tetap + Bonus Rp.   7.000.000,- + Sertifikat
  2. Juara II: Piala Tetap + Bonus Rp. 5.000.000,- + Sertifikat
  3. Juara III: Piala Tetap + Bonus Rp. 3.000.000,- + Sertifikat

 

Untuk Kategori Cross Country Putra Total Bonus Rp. 45.000.000,-

  1. Juara I: Piala Bergilir Balai KSDA Sulawesi Tengah + Piala Tetap + Bonus Rp. 60.000.000
Oleh : AA. Indra Sanjaya, A.Md (Pranata Komputer Pelaksana)