Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah


Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/bksdasul/public_html/xsetup/koneksi.php on line 8
Slide Taman Wisata Alam Wera
Slide Habitat Maleo di Desa Taima
Slide
Slide Danau Poso
Slide


Hasil Kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Balai KSDA Sulawesi Tengah Tahun 2013

14 Februari 2014

RAPAT KOORDINASI EVALUASI KINERJA PEGAWAI

BALAI KSDA SULAWESI TENGAH TAHUN 2013

 

Balai KSDA Sulawesi Tengah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Pelayanan yang baik tentunya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang ada di dalam Balai KSDA Sualwesi Tengah itu sendiri. Sumber daya manusia yang baik tentunya yang mau berubah ke arah yang lebih baik.

Sebagai upaya untuk berubah menjadi yang terbaik, maka dilakukan rapat koordinasi evaluasi kinerja pegawai yang dibuka langsung oleh Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah, Ir.Syihabuddin pada tanggal 10 Februari 2014 di Grand Duta Hotel Jl. Cumi-Cumi No.8 Palu.

Rapat koordinasi evaluasi kinerja Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah merupakan penilaian terhadap pencapaian kinerja terhadap target yang telah ditetapkan pada tahun 2013. Penilaian pencapaian kinerja tersebut menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Rapat tersebut bertujuan:

  1. Meningkatkan pencapaian target indikator kinerja kegiatan;
  2. Mengetahui kendala dan tindak lanjut dari masing-masing bidang kegiatan;
  3. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pegawai dimasa akan datang.

Materi kegiatan rapat koordinasi evaluasi kinerja Balai KSDA Sulawesi Tengah terdiri dari:

  1. Bidang Penyidikan dan Pengamanan Hutan oleh Marwansyah, SH.
  2. Bidang Konservasi Keanekaragaman Hayati oleh Amelia, S.Hut., MP.
  3. Bidang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konseravsi dan Hutan Lindung oleh Masudah, S.Hut., MP.
  4. Bidang Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung oleh Helwinsyah, S.Hut.
  5. Bidang Pengendalian Kebakaran Hutan oleh Dhani Silvia Wati, S.Hut.

Peserta rapat koordinasi evaluasi kinerja pegawai adalah seluruh pegawai Balai KSDA Sulawesi Tengah, tenaga honorer, tenaga pengamanan mitra polisi kehutanan, tenaga pengamat maleo dan tenaga pemelihara demplot anggrek.

Adapun hasil yang didapat dari kegiatan rapat koordinasi evaluasi kinerja pegawai yaitu berupa rekomendasi tindaklanjut dari kendala maupun permasalahan dari setiap bidang kegiatan yang ditandangani oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pangi, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Poso, dan pemateri dari setiap bidang kegiatan dengan mengetahui Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah. Rekomendasi dari setiap bidang kegiatan yaitu:

    1. Bidang Kawasan Konservasi

Hambatan: Data lapangan terkait pengelolaan Resort Base Management (RBM) masih terdapat data yang tidak tepat akibat keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) masih kurang.

Tindakan Lanjut: Perlu dilakukan pelatihan keterampilan petugas resort.

     2. Bidang Konservasi Keanekaragaman Hayati

Hambatan: Terdapat perbedaan data yang disampaikan ke pusat (Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati/ KKH) dengan data yang diperoleh dari lapangan.   

Tindak Lanjut: Agar ke depannya sebelum melaporkan ke pusat (Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati/ KKH) perlu dibahas dan dikoordinasikan dengan kelompok kerja terkait.

    3. Bidang Penyidikan dan Pengamanan

Hambatan:

  1. Belum semuanya menyadari dan memahami tugas pokok di bidang perlindungan dan pengamanan hutan.
  2. Laporan–laporan intelejen perlu dilaporkan ke Kepala Balai supaya bisa ditindak lanjuti.

Tindak Lanjut: Agar semua laporan-laporan baik intelejen maupun laporan patroli/ operasi gabungan agar disampaikan kepada Kepala Balai untuk dilakukan tindak lanjut.

   4. Bidang Pengendalian Kebakaran Hutan

Hambatan: Realisasi hotspot masih tinggi sehingga tidak mencapai target, disebabkan karena hotspot berada di luar kawasan hutan.

Tindak Lanjut: Pembuatan peta kerawanan kebakaran hutan agar didistribusikan ke seksi dan resort, sehingga deteksi dini dapat dilakukan dengan tepat.

   5. Bidang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi

Hambatan: Belum ada promosi pariwisata di TWA dan belum ada pemanfaatan potensi oleh pihak ketiga di TWA Wera dan TWA Bancea.

Tindak Lanjut: Meningkatkan promosi di TWA Wera dan menyusun dokumen pendukung untuk persiapan pengusahaan pariwisata alam di TWA Bancea.

Rekomendasi ini diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk perbaikan kinerja Balai KSDA Sulawesi Tengah pada tahun 2014 dan tahun selanjutnya.

 

Oleh : Bambang Widiatmoko, S.Hut